Manfaatkan Instagram untuk Pembelajaran

Sabtu, 16 Jan 2021 | 17:42:25 WIB - Oleh SI MIMIN


Manfaatkan Instagram untuk Pembelajaran

Mudahnya mengakses internet oleh remaja yang saat ini memanfaatkan internet untuk pembelajaran daring, sangat membantu dan mempermudah dalam berbagai aspek kebutuhan berkomunikasi. Termasuk pula instagram, yang sangat digemari oleh remaja.  Brand Development Lead Instagram APAC Paul Webster mengungkapkan, bahwa sejak diluncurkan pada tahun 2010 aplikasi instagram telah memiliki 400 juta lebih pengguna aktif dari seluruh dunia. Indonesia sendiri adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna instagram terbanyak dengan 89 persen Instagrammers yang berusia 18-34 tahun mengakses IG (Instagram) setidaknya seminggu sekali.Instagrammers mayoritas anak muda, terdidik, dan mapan. Rata-rata mereka berusia 18-24 tahun sebanyak 59 persen, usia 45-34 tahun 30 persen, dan yang berusia 34-44 tahun 11 persen. Pengguna IG perempuan yang paling aktif sebanyak 63 persen dan laki-laki 37 persen (http://techno.okezone.com/read/2016/0 1/14/207/1288332/pengguna-instagramdi-indonesia-terbanyak-mencapai-89. Diakses Januari 2021)

Fasilitas yang terdapat di internet cukup banyak jenis dan kegunaannya sehingga dapat memberikan dukungan bagi kegiatan akademik, kalangan media massa, praktisi bisnis, keperluan pemerintahan, dan para peneliti. Instagram merupakan bagian dari media sosial yang selama ini dikenal oleh masyarakat indonesia. Instagram merupakan sarana komunikasi masa kini yang sangat cepat dan pesat dalam perkembangannya, media sosial juga berkembang pesat dari berbagai macam klasifikasi dan tipe sesuai dengan kebutuhan masyarakat dunia.

Nah, kali ini, instagram dipergunakan untuk pembelajaran, untuk berkomunikasi antara guru dan peserta didik pada awal semester genap 2021. Kebosanan peserta didik yang sudah 10 bulan belajar secara daring dari rumah menimbulkan kejenuhan. Instagram dipergunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang menyenangkan di kala pandemi ini. Instagram sebagai media sosial bukan ruang pribadi melainkan ruang publik bagi remaja. Inilah yang dimanfaatkan untuk pembelajaran, sehingga siswa merasa nyaman dalam pembelajaran. Instagaram bermanfaat sebagai alat informasi yang semakin berkembang sangat mempermudah khlayak mendapatkan informasi yang diinginkan. Instagram merupakan media sosial yang masuk dalam kategori
jejaring sosial yang dapat diakses dengan mudah, dan dapat memberikan informasi bagi siswa, dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.

Sumber: http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2021/01/manfaatkan-instagram-untuk-pembelajaran



Tuliskan Komentar